CAToxicology

Aku denger-denger manusia kan suka makan dedaunan..namanya sayuran kata mama. Itu biar sehat. Kucing juga loh..kami kadang-kadang suka makan rerumputan biar badan terasa lebih segar, jadi jangan bingung kalo kucing tampak mirip anak kambing yang nggigiti dedaunan ato rumput dihalaman. Rumput juga sering membantu buat ngeluarin hairball. Mama sering tuh pagi ato sore nemu hasil merumput kami yang bercampur ama bebuluan dilantai..trus dia ngomel-ngomel sambil ngepel.

Tapi gak semua tanaman itu aman buat kucing.

husky

” Haah..??! Masa..??!!”

husky1

Yang sering iseng makanin tanaman mama-nya dikebun harus hati-hati dan musti baca informasi dari aku dulu kalo gak mau sakit. Sebagai kucing berpengalaman dihutan yang banyak tanamannya aku mau ngasih tau tanaman apa aja yang ternyata beracun buat kucing.

chubierumput

Aku mulai dariiii……

KUPING GAJAH dan KELADI

Nama Lainnya : Caladium, Taro

Jenisnya banyak banget. Bisa menyebabkan iritasi pada mulut, terasa terbakar/panas pada bagian mulut, lidah, bibir, bisa menyebabkan ileran yang parah saking sakitnya, mual dan susah buat menelan. Ini karena ditanaman sebangsa ini punya zat yang namanya Kalsium oksalat yang gak bisa larut, kalsium oksalat ini yang beracun buat kucing.

kuping gajah1 kuping gajah elephan ears taro elephan ears1 taro1

KAMBOJA JEPANG

Nama lainnya Dessert Azalea

Bisa menyebabkan mual muntah, diare, nafsu makan hilang, depresi, jantung berdebar, trus kalo fatal bisa mati dut..hati-hati makanya kalo ada tanaman ini. Jangan iseng jadi kucing.

dezert azalea

CORN PLANT (DRACAENA)

Aku gak tau bahasa manusia sini apa kalo nyebut tanaman ini. Ini juga banyak macamnya, jadi musti hati-hati. Tanaman ini mengandung zat yang namanya Saponins yang bisa bikin muntah (kadang disertai darah loh), depresi, gak mau makan, hipersalivasi alias ilernya berlebihan, trus pupil mata kita melebar. Kalo ada tanda-tanda gitu kemungkinan kita keracunan tanaman ini.

dracaena cornplant dracaena sanderiana

CUTLEAF PHILODENDRON

Biasanya ditanam dipot atau tumbuh liar merambat dipohon jadi benalu. Aku juga gak tau nama lokalnya apa. Tapi kalo nama kerennya banyak Split-leaf philodendron, Ceriman dll..

Ini sama kayak keladi-keladian tadi, tanaman ini mengandung kalsium oksalat (kemungkinan digetahnya kali yah), jadi tanda keracunannya juga sama yaitu iritasi mulut, terasa panas terbakar, iritasi pada lidah, bibir, mual-muntah, jadi ileran, dan susah menelan akhirnya gak mau makan.

cutleaf philodendron copy

BUNGA MERAK

Nama lainnya Dwarf Poinciana; Peacock Flower; Barbados Pride

Kalo tertelan, bunga ini bisa menyebabkan muntah-muntah dan diare, soalnya mengiritasi saluran pencernaan. Tapi pengalamanku ini tanamannya agak tinggi, jadi kita susah buat menjangkaunya. Tetap hati-hati aja sih..

barbados pride

DUMBCANE

Haduh ini juga gak tau namanya apa, tapi banyak banget aku liat disini. Aku tanya mama juga gak tau namanya. Sebutan bule-nya sih banyak diantaranya Dieffenbachia, Tropic Snow, Exotica dll.

Kalo keracunan ini biasanya rongga mulut jadi iritasi, terasa terbakar/panas, jadi ileran, mual muntah dan susah menelan.

dumbcane-dieffenbachia IMG_0691 dieffenbrachia

KEMBANG SEPATU

Nama lainnya Hisbiscus, Rose of China

Pasti banyak nih di halaman pemilik kucing, soalnya ini kan umum banget ditanam, kucing-kucing musti hati-hati jangan iseng gigit apalagi ampe nelan. Kalo keracunan bisa bikin muntaber dan gak nafsu makan.

hibiscus

DAUN JARUM/ ASPARAGUS

Nama lainnya Lace fern, Emerald feather, Shatavari

Ini sih kalo liat tanamannya aja udah serem lah..Daunnya tajam-tajam gitu. Ketusuk aja pasti sakit. Katanya mengandung zat yang namanya sapogenins, yang kalau daunnya bolak balik kena kulit kita bisa bikin iritasi kulit karena alergi. Kulit jadi merah trus gatal trus digaruk-garuk ampe luka saking asiknya. Kalo tertelan bisa mengganggu pencernaan, gejalanya ya mual muntah sakit perut trus diare.

Lace fern

LANTANA

Nama lainnya Shrub Verbena, Yellow sage

Ini buanyak banget tumbuh liar dipinggir jalan di hutan tempat aku tinggal. Tapi tanamannya cukup tinggi jadi susah dijangkau. Kalo keracunan ini bisa bikin mual muntah, diare, susah bernafas, badan jadi lemes gak bertenaga, trus parahnya bisa mengakibatkan kerusakan hati. Serem amat..padahal bunganya imut-imut .

Lantana

JERUK NIPIS

Pasti tau donk..mamaku suka bikin sambel ato makan soto pake ini. Kalo kecipratan airnya bisa perih matanyaaa..apalagi kalo sampai kita tertelan, huwaaah..gak ada kerjaan dah..ini kan baunya gak enak. Jeruk bisa bikin kita muntaber, depresi, trus sensitif ama cahaya..ya kan matanya periiiih…

lime jeruk

MAUNA LOA PEACE LILY

Aku sih gak pernah liat ini disini. Foto ini aja mamaku dapat pas dia lagi jalan-jalan. Katanya kalo iseng gigitin dan nelan tanaman ini (bunga ato daun) bisa menyebabkan mual muntah, diare, iritasi mulut, mulut jadi kemerahan di lidah dan bibir seperti terbakar, ileran, dan susah menelan.

mauna loa-peace lily

LIDAH BUAYA

Nama lainnya Aloe vera, Barbados Aloe.

Mamaku suka makan manisan ini loh..dari Pontianak kalo gak salah..(hayo tante-tante yang di Pontianak..pasti murah yah disana yang beginian?). Buat manusia sih Lidah buaya dibikin berbagai macam obat, buat kulit dan rambut, luka juga katanya cepat sembuh. Ehtapiii..kalo buat kucing ini BERACUN! Jangan disamain manusia ama kucing loh..kalo kucing tertelan lidah buaya ntar berubah jadi buaya eh…bukan..tapi bisa bikin mual muntah, trus pipis jadi berubah warna jadi merah. Gak terlalu bahaya sih, tapi tetep musti waspada.

aloe vera candlelier plant1 candlelier plant

MORNING GLORY

Disini sering juga aku liat. . Apalagi di rumah pak Kades..kalo aku dulu jalan-jalan ke sana tuh pagi-pagi pasti liat bunga ini pada mekar. Warna ungu, kadang ada yang putih juga. Tumbuhnya liar merambat disemak-semak. Kalo sore bunganya menguncup, Yaialah..namanya juga morning glory, bukan afternoon glory..

Kalo keracunan tanaman ini katanya bisa mengganggu saluran pencernaan, badan gemetaran, disorientasi, hilang nafsu makan, bisa bikin diare dan halusinasi. Hastagah..bahaya banget. Untung aku gak pernah iseng nyoba.

morning glory

OLEANDER

Nama lainnya Rose-Bay

Tanaman ini bahaya banget loh..denger-denger juga beracun buat kuda. Bisa bikin sakit perut yang parah, diare (yang kadang berdarah),badan jadi berkeringat, koordinasi terganggu, susah bernafas, nafas jadi pendek-pendek, otot jadi gemetaran, dan yang paling parah bisa menyebabkan kematian gara-gara tanaman ini mengakibatkan serangan jantung. *melongo* Untung bunga ini jauh dari rumahku.

Oleander

CARDBOARD PALM

Nama lainnya Zamias. Tamanan ini harganya mahal loh…kalo buat manusia sih berguna buat memfilter udara gitu. Menyerap racun-racun diudara katanya. Mmm…jangan-jangan gara-gara tanaman ini menyerap racun akhirnya dia jadi beracun banget kalo termakan -_-  Kucing yang keracunan si Zamia ini bisa mengalami mual-muntah, pup darah (melena), tiba-tiba merasa sangat haus terus-terusan, hemorrhagic gasteroenteritis, memar tanpa sebab karena perdarahan dibawah kulit, gangguan pembekuan darah, kerusakan fungsi hati, dan kematian. Ini tanamannya pendek..biasanya dipot doank, mudah dijangkau. Hati-hati ya teman-teman..

cardboard palm-jamia

GOLDEN BIRDS NEST

Nama lain Sansevieria Trifasciata, daun lidah mertua Kalo kemakan tanaman ini bisa bikin mual-muntah dan diare.

golden bird nest lidah mertua-sansivierasansiviera

TAPAK DARA

Nama lainnya Periwinkle, Vinca Rosea

Bunga ini juga banyak nih dimana-mana. Termasuk bunga liar juga. Kenapa beracun? Soalnya ada zat yang namanya vinca alkaloids didalam tanaman ini yang bisa menyebabkan mual, diare, tekanan darah rendah, depresi, tremor alias gemetaran, kejang-kejang, koma, bahkan paling parah bisa mati. Uhuks..

cathrantus roseus alamanda

DAUN SOP

Nama lain : Parsley

Mama suka banget ama tanaman ini, biasanya kalo makan mie ayam dia selalu minta rajangan daun ini yang banyak. Lain manusia lain buat kucing, si daun sop ini bisa bikin sakit kulit yang ulseratif dan bernanah, trus menyebabkan ocular toxicity.

daun sop

TI-PLANT

Nama lainnya Baby Doll Ti , Hawaiian Ti

Kata mama ini tanamannya sering ada dikuburan bhoakakakkak…tapi kok di klinik banyak banget? Untung tanamannya lama-lama semakin tinggi, jadi daunnya susah dicapai. Lagian yah aku tuh gak percaya kalo daun yang warnanya aneh itu aman digigiti. Tanaman daun merah ini bisa mengakibatkan mual-muntah yang kadang disertain darah, hilang nafsu makan, hipersalivasi trus pupil melebar.

baby doll Ti Plant

POHON TOMAT

Kucing-kucing kota pasti gak tau gimana bentuk pohon tomat, taunya kan udah buahnya aja ada dikantong belanjaan dari pasar, bulet-bulet merah ijo trus digelindingin dijadiin bola. Tapi teman-teman yang tinggalnya di kampung kayak aku ya pasti pernah liat..atau kalo mama-nya suka berkebun demi menghemat uang belanja biar bisa beli ikan cuwe’ yang banyak mungkin menanam tomat di polybag. Hati-hati aja sih..Soalnya buat kita para kucing ini bisa mengakibatkan ileran, gangguan pencernaan yang parah, diare, rasa mengantuk, CNS depresi (sistem syaraf pusat terganggu), linglung, perubahan perilaku, lemah-letih -lesu, pupil melebar dan detak jantung yang melemah. Kalo udah ngerasa kayak gitu, trus ingat kalo habis ndusel-ndusel gigitin pohon tomat, ya kemungkinan udah keracunan. Yang bahaya itu daun, batang ama tomat yang masih kecil/hijau karena mengandung zat yang namanya solanin. Entahlah apa itu..cari sendiri deh kalo mau tau.

tomato plant

BIRD OF PARADISE

Nama lainnya Crane flower, Bird’s tounge flower

Biasanya ditanam dipinggiran jalan. Banyak juga di rawa-rawa. Aku sih agak serem soalnya dia rimbun bergerombol, ntar ada ular.  Tanaman ini bisa bikin mual dan muntah, rasa mengantuk kalo termakan buah atau bijinya.

bird tounge1 bird tounge

POHON TERONG

Nama kerennya Eggplant.

Sama kayak si pohon tomat, daun dan batang pohon terong ini juga bahaya buat kucing karena mengandung glikoalkaloid solamin. Tanda-tanda keracunannya hampir sama dengan keracunan pohon tomat.

eggplant

POHON ALPUKAT

Nama bulenya Avocado

Ini buah kesukaan mama banget..Tapi agak-agak berbahaya kalo kita makan ini. Sebenarnya yang bahaya adalah daun, kulit buah dan bijinya. Ya bayangin aja kalo kucing keselek biji alpukat..bhoakakakak…bahaya buangets!. Dagingnya juga sih, tapi kalo dimakan dalam jumlah tertentu atau cuma diambil sarinya itu bisa menyehatkan persendian kucing dan mengurangi osteoarthritis. Kalo kebanyakan atau kemakan bagian yang lain ya bisa bikin mual-muntah dan diare, gangguan pernafasan, penumpukan cairan pada selaput jantung dan kalo parah bisa menyebabkan kematian.

avocado

JAMUR

Kalo musim hujan ditempat aku sering tumbuh jamur. Gede-gede jamurnya, tapi ada juga yang kecil-kecil berwarna putih. Mama bilang aku gak boleh makan itu, soalnya liar jadi gak dijamin keamanannya. Kalo jamur yang dijual buat dimakan manusia juga gak boleh icip banyak. Keracunan jamur bisa mengakibatkan mual-muntah, diare, shock, bahkan bisa mati ngek.. Jadi kalo ada jamur tumbuh dideket kalian, boleh endus-endus tapi gak boleh gigit-gigit ya..

muchroom mushroom wild

BAWANG PUTIH

Nama keren : Garlic

Kucing yang suka nongkrong didapur pasti sering nemu benda ini, baunya menyengat, bisa sih dimainin kayak bola, digelindingkan ke bawah kulkas trus ntar dimarahin ahahahaha..Boleh dimainin tapi dimakan jangan. Buahaya. Soalnya bisa bikin mual muntah, penurunan sel darah merah trus ntar jadi anemia hemolitik, pipisnya jadi berdarah, lemah-letih lesu (gara-gara anemianya), detak jantung meningkat, trus nafas terengah-engah megap-megap. Mmmm…aku jadi ngerti kenapa drakula takut ama bawang putih. Soalnya kan drakula ngisep darah, lah kalo bawang putih bikin anemia si drakula penderitaannya kan bertambah ya…udah gak punya darah eh malah harus anemia. Kira-kira nyamuk takut ama bawang putih juga gak? *garuk2 kuping

garlic

BRAKE FERN

Nama lainnya Braken fern, Umbewe, Pasture Braken dll

Kalo aku bilang sih ini pakis-pakisan. Tumbuh liar dimana-mana. Kalo keracunan ini bisa fatal, soalnya kandungan zat thiaminase-nya bisa bikin kita kekurangan thiamin dalam tubuh yang penting untuk sistem saraf pusat dan metabolisme kita. Gejalanya baru timbul setelah 1-2 bulan, tampak kehilangan berat badan, koordinasi badan terganggu, gemetaran, gak bisa bangun, trus kalo gak dirawat bisa menyebabkan kematian.

brake fern1 brake fern

BEGONIA

Begonia ini banyak jenisnya. Kalo mau tau liat aja Begonia spp. Daun, batang dan bunganya mengandung zat oksalat yang tidak terlarut. Bisa menyebabkan iritasi mulut, terasa terbakar, iritasi lidah dan bibir , jadi ileran, muntah, dan susah  menelan. Katanya umbinya yang paling beracun.

begonia1 begonia begonia3

POINCIANA

Nama lainnya Peacock Flower, Barbados Pride, Bird of Paradise

Pohon ini bagus banget kalo lagi berbunga, banyak dipinggir jalan disekitar klinik. Kalo keracunan tanaman ini bisa mengakibatkan iritasi mulut, rongga mulut terasa panas terbakar, iritasi bibir dan lidah, susah menelan, air liur jadi banyak, mual-muntah, diare, kemungkinan bisa menyebabkan inkoordinasi anggota tubuh.

pocinciana tree tree

HYDRANGEA

Nama lainnya Hortensia, Hills of Snow, ato Melati Belanda hihihi..

Bunganya bagus loh..bisa berubah-ubah warnanya. Cuman mama ni gak nemu yang lagi berbunga. Udah ngiterin tetangga sama semua, cuma daun doank. Belum musim berbunga katanya. Kalo keracunan tanaman ini bisa mual-muntah, diare ama depresi.

hidrangea

COCOR BEBEK

Nama lainnya Kalanchoe, Devil’s Backbone

Tumbuhan ini juga sering ditemukan dimana-mana. Kalo buat manusia termasuk tanaman obat. Berguna untuk menurunkan demam. Tapi kalo kucing termakan si cocornya bebek ini bisa menyebabkan mual-muntah dan diare. Pada kasus yang jarang juga bisa menyebabkan detak jantung yang abnormal.

cobebek-kalanchoe cocor bebek

AMARYLIS

Nama lain Lily of The Palace, Fire Lily, Barbados Lily

Banyak disekitaran aku, tapi aku gak tertarik sih selama ini gigitin daunnya. Oya, belum ada bunganya juga, belum musim berbunga. Nanti kalo udah berbunga fotonya diganti deh.. Keracunan lily yang satu ini bisa bikin mual-muntah, ileran, diare. Kalo termakan dalam jumlah yang banyak akibatnya bisa kejang-kejang, tekanan darah menurun, gemetaran/tremor, aritmia jantung.

lily

GARDENIA

Nama lainnya Cape Jasmine

Kalo keracunan ini bisa gatal-gatal, diare, ama muntah-mual ringan. Gak terlalu bahaya tapi musti hati-hati.

gardenia

EUPHORBIA MILII

Nama lain Crown of Thorn, Christ Plant

Hoooo..ini tanaman paling populer disini, hampir setiap rumah ada bunga ini. Ada yang koleksi malah hahaha…Batangnya berduri banyak, walo gak termakan tp tertusuk juga pasti sakit banget. Ntar mata bisa ketusuk, kulit tergores. Cuma kucing yang putus asa yang mau dusel-dusel tanaman ini. Getahnya bisa bikin kulit terbakar, iritasi pada mulut melepuh gitu deh..

euphorbia2 euphorbia1 euphorbia milii

LILY

Lily ini banyak jenisnya. Ada yang beracun ada yang nggak. Jadi musti waspada aja. Pokoknya yang namanya lily musti dihindari kalo bisa. Yang banyak beracun katanya sih yang dari genus Lilium sp. Sebangsa Tiger Lily, easter Lily, Asiatic Lily , ama yang dari genus Hemerocallis, yang diantaranya Day Lily.

Kalo keracunan lili bisa fatal banget karena bisa menyebabkan gagal ginjal.  Gejalanya, kucing bisa ileran/hipersalivasi, muntah-muntah, gak berselera makan, pipis jadi sering dan 1-2 hari kemudian jadi sedikit/berkurang pipisnya. Dehidrasi. Dan kalo terlambat ditolong kucing bisa mati.

lily lily1

CYCADS

Nama lainnya Sago Palm, Fern Palm.

Ini bahaya loh kalo termakan biji/buahnya. Bisa menyebabkan muntah yang kadang disertai darah, pupup jadi berwarna gelap, sakit kucing eh kuning karena kerusakan pada hati, rasa haus meningkat, diare yang kadang berdarah, memar, dan kalo sampai termakan 1-2 biji palem ini bisa fatal akibatnya.

sago palm sago palm1

NORFOLK PINE

Nama lainnya House pine, Australian pine

Pinus ini juga sering ditanam kan? Tumbuhnya tinggi banget. Kalo sampai termakan daunya yang kecil-kecil panjang itu bisa menyebabkan depresi, muntah-muntah, suhu badan menurun, dan mukosa rongga mulut jadi pucat.

norfolk pine

Udah ah aku cape…padahal masih banyak loh, cuman susah nyari tanamannya. Ini aja mamaku mulai dari sepedaan keliling komplek, sampai blusukan ke tetangga, numpang foto ke penjual Coto Makasar, dan pura-pura mau beli bunga di omom penjual bunga taman. Niat banget dah ngumpulin fotonya..

Kalo mau yang lebih lengkap bisa liat di daftar tanaman beracun ASPCA atau di CatHelp-Online disana banyak banget nama tanamannya ampe aku ama mama pusing. Walau ada beberapa yang gak singkron juga, disini bilang beracun, disana gak.

chubie

Oya postingan ini aku persembahkan buat  Tante Ade dan Tante Ea disana yang udah sempat heboh sendiri  gara-gara waktu Valentine’s Day suaminya yang sok romantis ngasih bunga. Ternyata bunganya itu bunga lily. Waktu mama-papanya lengah, teman meongku si Jody,  gigitin dan makan bouquet bunga itu. Maklum si Jodi anak rumahan asli gak boyeh keluar rumah, jadi pas liat ada bunga+daun langsung seneng luar biasa. Semua langsung jadi heboh. Papa si meong  yang panik pas dikasih tau kalo lily beracun buat kucing, langsung nggendong angkut si anak manja dan satu-satunya buat ke UGD rumah sakit hewan, cepet-cepet naik mobil sambil teriak-teriak ampe tetangga keluar kirain ribut ada kebakaran bhoakakaka…Tapi untungnya lily yang dimakan bukan lily yang beracun. Hihihihii…Karena insiden ini makanya aku jadi pengen bikin postingan tanaman yang berbahaya kalo termakan.

si JodiSi Jodi – di San Diego (foto dari tante Ade)

Jadi kucing musti hati-hati, jangan celamitan gigitin ini itu.

Stay Smart..

Stay Alert..

Stay Gorgeous..#berpose

chubie2

Iklan

11 comments

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s