Giant Pill Milipede

Pernah liat serangga yang begini?

pill milipedeNamanya Giant Pill Milipede (Sphaerotheriida) . Semacam kaki seribu, yang kalo melungker bisa berbentuk kayak pil obat raksasa.

http://gallery.sulasula.com/keyword/hmyz/1807041455_Z4JJrr5#!i=1807041455&k=Z4JJrr5foto diambil dari sini yaa.

Aku juga jarang-jarang sih liat, makanya pas ketemu aku langsung foto biar teman-teman, om-tante sekalian yang dikota jauh dari hutan bisa liat hewan yang ada dideket tempat tinggal aku. Cuman waktu itu aku gak tau kalo makhluk ini bisa berubah bentuk kalo dipegang. Makanya gak punya foto pas dia berubah bentuk hihihihi…

giant mlipedeKemampuan mereka melungker kayak bola ini adalah untuk pertahanan diri mereka buat predator yang suka makan serangga. Aku sih kemaren emang males ya makan yang beginian, pasti gak enak. Lagian takut aja kalo ternyata beracun. Serangga ini katanya bisa ditemukan di New Zealand, Australia, India, Amerika Selatan, dan Madagaskar..eerr…Sangkima termasuk yang mana donk? bhoakakaka…berarti si om Wikipedia   musti direvisi dikit soalnya gak nyebutin Kalimantan hihihihi..

pill giantBinatang ini berguna banget loh buat membantu penguraian daun-daun dan tanaman yang udah busuk. Jadi hampir disamakan dengan cacing tanah, yang membantu menguraikan unsur hara (yailaah..aku jadi kucing cerdas banget sih, ampe tau istilah unsur hara…hahaha..*sisir poni) dan mengembalikan ke dalam tanah. Tanahnya jadi tambah subur. Horeee..

giant milipede1Mmmm..yang menyedihkan ternyata manusia banyak loh yang memelihara si Giant pill ini. Tau kan? Manusia-manusia yang sering koleksi serangga kayak ditipi-tipi? Paling banyak tuh di Jepang, USA, dan Eropa. Serangga-serangganya dimasukin ke kotak kaca kayak akuarium itu? Mungkin karena bentuknya unik…

giant pill2Cuman Giant Pill yang dipiara gitu gak banyak yang berumur panjang, paling lama rata-rata cuma bisa bertahan sebulan 😦  Yaa..dimana-mana kan emang beda dihabitat asli ama habitat buatan. Apalagi kalo cuma dikasih sepetak kotak kaca, pasti tersiksa deh.. Makanya aku paling sebel ama manusia yang suka mengurung hewan buat koleksi. Pengen aku cakar aja rasanya..

pill milipede1Semoga aku kapan-kapan bisa ketemu lagi ama kaki seribu yang satu ini. Kalo ketemu aku suruh dia bergelung kayak bola. Buat mainan..#eh..

GPM fr aboveWarnanya cerah banget ya…harusnya bisa masuk jadi salah satu tokoh di film  A Bug’s Life nih…

Okey sekian pelajaran perseranggaan bersama  chubie si kucing tampan. Kapan-kapan aku kasih tau lagi kalo ada yang unyu-unyu..

 

5 comments

Tinggalkan Balasan

