Beruang

BANTU TEMAN-TEMAN AKU di KWPLH Balikpapan

Berita sedih datang dari teman-teman beruang aku di Kawasan Wisata Pendididikan Lingkungan Hidup Balikpapan. Pemerintah kota Balikpapan sudah gak mau memberi bantuan dana untuk kelanjutan operasional mereka. Karena apa?? Karena dianggap kurang menguntungkan katanya…hhhhhrrrgghh…*cakar2 muka para manusia matre itu*

Teman-teman beruang disana dikatakan akan dikembalikan ke alam bebas. Padahal mereka sudah hidup aman tentram loh di enclosure itu..kalau dialam bebas apa pemerintah itu bisa menjamin mereka gak ditangkap kembali oleh manusia-manusia jahat? Aku berani taruhan deh, atas nama buntutku yang keren…beruang-beruang madu yang malang itu pasti gak bakal berumur panjang kalau dialam bebas. Alam bebas yang mana pula? Sedangkan pemerintah rajin banget memberikan ijin pembukaan hutan dengan segala macam alasan. Pertambangan, perkebunan, perumahan, tol dan segala macamnya. Alam bebas mana yang perintah Balikpapan itu maksudkan? Lagipula beruang madu yang ada di KWPLH itu kan benernya adalah beruang madu hasil sitaan dari para pejabat dan orang berduit yang sok pintar sok kaya yang mau memelihara binatang eksotis demi gengsi tapi gak tau cara merawat mereka dengan baik. Jadi waktu mereka kecil udah dibeli entah dari siapa (yang jelas hatinya jahat), trus pas udah besar, orang-orang kaya itu kelimpungan gak sanggup merawat, jadinya beruang-beruang itu malah dikerangkeng di kandang sempit kayak tahanan. Nah, pihak KWPLH yang membebaskan dan merawat mereka, merehabilitasi para beruang agar kembali ke sifat liar mereka yang sempat termutilasi.

beruang madu

Sekarang niat baik mereka mau dihancurkan hanya karena dianggap gak menguntungkan? OMAICAT…sementara manusia-manusia berhati baik dari negara luar mau membantu selama ini, tapi pemerintah daerahnya sendiri gak mau melestarikan lingkungannya. Maunya apa sih??

Yang bikin aku sedih ya karena disana kan juga ada shelter buat teman-teman kucing yang gak beruntung. Lagi-lagi shelter itu juga diprakarsai oleh tante-tante bule,kalo gak salah namanya Gaby. Kenapa sih harus orang asing yang lebih peduli ke lingkungan kita? Kalau KWPLH ditutup, beruang dikembalikan ke alam, trus ratusan kucing itu harus kemana? Fyi, selama ini ratusan kucing itu sudah gak mendapat bantuan dari pemerintah. Mereka bertahan hanya dari donasi-donasi manusia yang rela berbagi dengan mereka, dan sebagian dana dari pendapatan tiket masuk ke KWPLH. Beruang madu yang langka aja gak mau diurusin ama pemerintah, apalagi cuma kucing. *lempar pup ke muka orang serakah*

Apa yang bisa kita lakukan?

Aku mengajak omom, tante-tante manusia dan teman-teman kucing untuk bergabung dengan KWPLH dalam upayanya meminta Pemerintah Kota Balikpapan  membatalkan KEPUTUSAN JAHAT DAN RENCANA YANG AMAT SANGAT BURUK untuk menutup KWPLH Balikpapan dengan beberapa cara :

MENULIS SURAT KEPADA PEMKOT BALIKPAPAN

dan

BERGABUNG MENANDATANGANI PETISI KWPLH

…satu suara kita sangatlah berharga buat mereka…

bisa juga sih dengan mengirimkan pup trus dipaketin ke pemkot dengan pesan jangan tutup KWPLH.. #eh..

Teman-teman di Shelter

Ada tempat yang namanya KWPLH (Kawasan Wisata Pendidikan Lingkungan Hidup) sekitar 23 Km dari kota Balikpapan. Mama sih sering lewat gapuranya kalau mau pulang ke sini. Tapi gak pernah menyangka kalau didalamnya ada shelter buat teman-teman aku yang diprakarsai oleh seorang tante-tante bule yang namanya aku lupa, nanti deh kalau inget dikasih tau.

Sebenarnya sih KWPLH ini adalah kawasan untuk konservasi beruang madu yang  berhasil diselamatkan dari manusia-manusia yang gak bertanggung jawab. Jadi orang-orang baik ini (dibantu oleh pemda Balikpapan) merawat teman-teman beruang dengan baik ditempat yang mendekati habitat asli mereka.

KWPLH info board

Melihat ini jadi sedih. Manusia-manusia jahat itu hanya ingin memelihara disaat beruang masih kecil dan lucu tapi kalau sudah besar manusia itu kebingungan dan beruangnya disia-siakan.

beruang madu

Beruang madu (Helarctos malayanus) lagi makan sore. Mereka hanya bisa dilihat di jam-jam makan mereka, selain itu akan sulit karena mereka berteduh dipersembunyiannya.

bear enclosure

KWPLH punya 5 (lima) ekor beruang madu, semuanya adalah beruang yang diselamatkan dari manusia-manusia jahat dan komersil..hiks..Kalian aman damai sekarang disini pren..*pukpuk foto beruang madu*

Oya, jadi selain enclosure buat beruang madu, seperti yang aku ceritakan tadi disini juga ada enclosure alias shelter buat kucing-kucing terlantar. Banyak manusia-manusia jahat yang membuang kucing terus dipelihara disini. Ada lebih dari seratus ekor  kucing tinggal disini. Mereka dirawat dengan baik, sesuai standar pokoknya. Steril dan vaksin itu sudah pasti karena secara berkala ada vet yang datang memeriksa kesehatan teman-teman aku.

cat enclosure

Kucing-kucing disini hidup bahagia dan sehat sejahtera. Mereka dibiarkan lepas berkeliaran dikawasan KWPLH, tapi nanti akan berkumpul pada jam makan.Mereka  akan dipanggil perawat mereka, semacam anak SD disuruh masuk kelas. Nanti mereka akan berlarian dari segala penjuru untuk dapat jatah makan. Seru buangeeet…! Yang melihat gak bisa berhenti terpana, tersenyum, tertawa bahagia kayak habis dapat lotre dan menyapa pasukan kaki empat yang datang satu-satu ke kandang besar buat makan.

cat zorro

Sedang serius menyuburkan tanah 😀

hhoooaaaemmm..

Kalau kesini dilarang memberi ayam goreng ke kucing.

” Bohoooooooong bangeeettt…!!”

menunggu makan

Menanti waktu makan tiba

hayoooolooo...

Hayooolooooh si Kemoceng kalah..!

totol

Udah mulai belum makannya..? *intip-intip*

red tabby

Mulai berdatangan untuk makan

berkumpul berlari

Whoooaaaa…pasukannya datang..!!

makaaaan

Makaaaannn..dipiring masing-masing no berebutan.

gendots

Piringnya warna-warni donk..

makan dengan tenang

Yang selesai duluan biasanya celingukan mau bantuin yang lain ngabisin makannya..hoakakak..Lidjik sangat.

diabsen

Tante-tante manusia itu sedang mengabsen pasukan. Masing-masing punya nama, trus bakal ketahuan kalo gak menyahut pas diabsen. Semacam disuruh ngacungin jari dikelas. Kalo gak ada pasti bakal dicari, kuatir hilang atau kelaparan gak denger pas dipanggil makan.

cilukba

Ciluk Baaaa…!!

karantina

Kalau ada pendatang baru gak langsung dikumpulkan dengan penghuni lama, mereka harus dikarantina untuk memastikan gak bawa penyakit. Kitten-kitten juga biasanya dikarantina.

penghuni baru

Penghuni karantina..*pukpuk* Sabar yaaa..

cute catIni kucing gak takut ama manusia. Malah ikut nongkrong. Hedeeuh..

IMG_6713 copy

Eluslah sesuka hatimu ma..asal jangan dibawa pulang aja sih.

musti dituruti

Jadi yang mau datang silahkan datang yah..tapi musti diingat tata tertibnya. Oya, KWPLH juga mengadakan program adopsi kucing, kalau ada yang mau adopsi atau menyalurkan donasi silahkan menghubungi mereka.

Selengkapnya tentang KWPLH bisa dilihat di facebook mereka