Dubai

Birds watching #1

Dulu Ompapa tinggal di area yang namanya Discovery Gardens. Namanya udah garden duluan jadi dimana-mana banyak pohon dan taman yang cukup bagus tertata rapi. Nah yang paling menyenangkan adalah disana bisa ditemui berbagai macam burung yang terbang dan berkeliaran bebas mencari makan. Ditaman, dibalkon, diatas pohon bahkan dijalan. Mereka umumnya cukup jinak walaupun menjaga jarak dari manusia dan tentu saja…kucing! Bhoakakakak…

Coba aku tahu disana banyak burung jinak, aku pasti ikut mama berlibur dan berburu *jilat-jilat taring*

Ini aku bagikan beberapa foto burung yang sering ditemui di area apartemen itu selain si Laughing dove ya..

burung pipit

Dimulai dari yang paling banyak dan sering ditemui. Nama kerennya Indian Silverbill alias burung pipit cuit cuit. Biasanya mereka kemana-mana bergerombolan. Terbang satu, terbang semua. Suaranya rameeee banget. Kadang satu pohon penuh dihinggapi mereka.

silverbill

Indian Silverbill (Lonchura malabarica) kadang disebut juga White throated munia

another silverbill

Ini juga termasuk silverbill, tapi mungkin dari jenis lain karena ada garis hitam di samping kepalanya.

beo

Rose-ringed Pakareet ( Psittacula krameri)

Burung ini juga hampir tiap hari bisa dilihat di pepohonan taman atau dibalkon apartemen. Dinamai Rose-ringed karena dilehernya ada garis melingkar seperti kalung yang berwarna kemerahan. Tapi cincin merah itu hanya dimiliki oleh burung jantan yang sudah dewasa sedangkan burung betina dan burung yang masih muda belum menunjukkan tanda merah itu.

white eared

Ini sih burung Kutilang. Nama kerennya White-eared bulbul ( Pycnonotus leucotis). Suaranya merdu banget.

bulbul

Red-vented bulbul (Pycnonotus cafer). Ini jenis bulbul yang lain, perbedaan bisa dilihat dari warna kepala yang hitam legam dan bagian bawah ekor yang berwarna merah. Kalau burung kutilang biasa, warna bawah ekornya kuning – oranye.

myna

Common myna ( Acridotheres tristis) alias jalak hihihihi..

common myna

House myna / Crested myna. Namanya banyak amat -_-‘

crow

House crow ( Coruus splendeus)

Ini burung gagak yang sering kekaokan disekitar apartemen. Selain burung gagak sebenarnya mama juga pernah melihat Raven jenis burung gagak yang lebih besar. Tapi sayang waktu itu si Raven gak sempat difoto soalnya mama lagi bawa belanjaan.

oriental sylark

Oriental Sylark (Alauda gulgula)

hodhod

The Hoopoe hodhod (Upupa epops). Burung ini juga sering terlihat mencari makan direrumputan taman, terkadang dia memekarkan jambulnya menjadi kipas yang cantik. Cuman mama gak beruntung dapatin momen jambul kipas itu.

Gak ada burung berponi yah? *sisir-sisir buntut*

Iklan

Sarang merpati

Merpati ini si Laughing dove adalah burung yang paling sering dijumpai di taman di Dubai. Bahkan sering datang ke balkon apartemen untuk makan. Biasanya mereka datang sendiri atau bergerombol.

nesting dove

Bersarang diantara dahan pohon berbunga kuning yang indah

dove in UAE

Burung ini benar-benar berdedikasi tinggi loh, kata mama waktu itu di sana sedang peralihan musim dingin ke panas, jadi kalau malam anginnya bertiup cukup kencang dan dingin menusuk tulang. Tapi burung itu tetap setia diam mengerami telurnya, gak bergerak sedikitpun. Mama selalu mencari burung ini setiap kali melewati jalan tersebut.

lovely bird

errrr..tapi kok kayaknya itu gak ada telurnya yah?

Burung Bandit

Gagak (Crow) ini dilihat mama pas lagi jalan-jalan. Kenapa juga burung satu ini menggondol buntelan kertas? Walaupun gagak dikenal sebagai pemakan segala tapi gak seputus asa itu juga kali kalo harus makan kertas. Ya tapi gagak juga terkenal dengan sebutan bandit aka kleptomania aka suka mencuri apapun. Makanan tetangga burungnya, telur dan semacamnya termasuk seperti benda milik manusia terutama yang berkilau (kayak di film-film itu loh..). Jadi mungkin kertas ini adalah hasil curiannya di perkantoran atau bak sampah..eeuuyyh..!

burung gagak hinggap di atas tiang lampu tinggi dengan hasil buruannya.

burung gagak hinggap di atas tiang lampu tinggi dengan hasil buruannya.

Kalo aku sih buntelan kertas buat bola dikejar kemana-mana, itupun cuma pas aku masih kecil. Kalo sekarang udah gak jaman main kejar kertas macam begitu.

itu kertasnya dibaca?

itu kertasnya dibaca?

Oya aku jadi inget dulu ada teman kerja mama disini yang paling takut kalau denger suara gagak Kaok Kaook rame. Katanya kalau ada suara gagak gitu bakal ada yang kena musibah. Mama sih gak percaya, gak pernah kejadian juga. Ya gimana mau percaya, wong ini kan hutan, banyak gagak bersarang disini. Jadi wajar kalo mereka berkaok-kaos setiap hari. Walau gak merdu..

jangan2 itu isinya makanan kali ya?

jangan2 itu isinya makanan kali ya?

Burung segede gini pasti susah ditangkap..jangan-jangan malah galakan dia dibanding aku. Ckckckck…

Whoaaa…Bees..!!

Have you ever seen a colony of bees like this..??

My mama took this picture near ompapa’s apartement months ago on Dubai. She saw this colony everyday on the way to metro stop.

Bees colony..WHOAAA…*run for my life*

Scary…

But i wondering what they are doing in that weird formation..

One thing for sure, no one ever dare to distract those bees.

Hundreds bees on the tree

#ambil batu, lempar trus lari sembunyi