RESCUING

Belum Ada Namanya

Percaya gak kalo kucing juga punya jiwa me-rescue sesamanya? Aku sih bilang percaya, manusia-manusia pecinta kami juga pasti bilang iya. Nah yang gak percaya silahkan tanya ama ponakanku si Luna. luna1Si Luna ini sekitar dua minggu yang lalu membawa seekor anak kucing ke rumah. Digendong dan diturunkan dihadapan mama dan ompapa yang kebetulan sedang bersih-bersih dihalaman belakang. Pertama waktu masih jauh sih dipikir mereka Luna ini menggotong tikus, eh tapi kok tikus-nya warna kuning? Jangan-jangan nyulik anak ayam tetangga? Yaaaah…pas semakin dekat mama kaget ternyata yang dibawa anak kuciiiiiing…Anak kucingnya luka-luka, gak bergerak tapi masih hangat dan sepertinya masih bernafas. Panik deh mama ama ompapa, anak kucing digoyang-goyangkan trus ditiup aja mukanya ama mama, si kecil langsung buka mata dan bergerak lemah. Alhamdulillah..masih hidup beneran. Bayi kucing pun dibawa masuk ke dalam rumah.

bayi1

Si bayi usia-nya sekitar 3 mingguan. Belum tumbuh taringnya. Dia seperti digigit seekor binatang entah apa. Karena Luna membawanya dari arah hutan belakang rumah jadi tersangka-nya bisa apa aja. Darahnya merembes gak berhenti sewaktu dibersihkan.bayi2 Yang cukup dalam adalah bekas gigitan dipunggung. Untungnya si bayi kucing ini tampak sehat, gendut dan terawat. Jadi, dimanakah induknya? Sementara mama udah lama gak liat ada kucing hamil disekitar rumah. Jarang tampak stray betina apalagi yang hamil. Yang sering seliweran kan cuma garong Tabby, Ngao, Chosu, ama Si Gareng. Bingung deh si Luna nyulik anak dari mana. Lagian Luna kan jantan yah..bisa-bisanya dia main angkut anak ke rumah. Setelah membawa pulang anak kucing ini, Luna pergi lagi, waktu itu mulai turun hujan, Ompapa kuatir Luna membawa teman si bayi lagi. Ternyata nggak, setelah keluar sebentar, Luna pulang dan meringkuk tidur dikursi tamu -_-. Bayi dicuekin ama dia. Udahlah pura-pura gak kenal.

bayi3Alat penghangat pun dikeluarkan, lampu, alas tidur dan kain-kain gak terpakai dimasukkan ke dalam kandang agar bayi kucing gak kedinginan.bayi4Setelah cape menangis, akhirnya dia tertidur.

bayi5Dia sering pasang pose memelas. Kasian kecil-kecil begini sudah terpisah ama induknya.

bayi7Mata berkaca-kaca habis nangis kelaparan.

Mama sementara memberinya minum susu, kaldu atau air infus. Hampir 3 jam sekali. Bayi kucing retan dehidrasi yang bisa berakibat fatal. Pernah sih mama terpaksa ninggalin dia nyaris 8 jam tanpa minum gara-gara tugas mendadak dari kantor gak bisa pulang cepet, untungnya si anak kucing baik-baik aja. Luka-nya juga dibersihkan dan mulai mengering.

bayi6Sepertinya dia punya bakat badung *menghela nafas

bayi7Bayi dan Chimong

Setelah hampir seminggu si bayi mulai lebih cerewet dan tampak lebih kurus. Emang beda sih ya perawatan induk sendiri ama yang lain. Mama juga benernya gak ahli dalam hal merawat anak kucing. Si bayi sepertinya kangen induknya, selalu mendusel-dusel tangan mama dan berusaha ngempeng ke telapak tangan. Digigitin. Mamaku mencoba mengenalkan si bayi pada Chimong yang sering meng-grooming teman-temannya. Awalnya sih dia diam, tapi setelah sadar kalo ada bayi ngempeng, si Chimong langsung marah dan mengusir si bayi malang ini. Target pertama gagal.bayi8Target kedua adalah Kage. Si Kage sering juga tidur bareng adek-adeknya. Jadi tampak bersahabat. Syukurlah ternyata dia mau menerima si bayi. Padahal waktu itu Kage baru saja disteril. Perban-nya aja masih nempel ( si Kage emang paling betah pake perban dibanding yang lain, sampai seminggu gak lepas2 akhirnya mama yang bantu lepasin).

bayi9Si bayi sampai sekarang dirawat oleh Kage. bayi10Tapi ada kalanya Kage bosen jagain bayi, maklumlah dia kan masih remaja yang suka hepi-hepi kalo siang. Jadi atas saran seorang tante, mama disuruh nyediain boneka yang berbulu. Berhubung gak punya boneka berbulu panjang, jadi mama beli yang murah meriah. Si bayi kucing awalnya cuek tapi lama-lama nyeruduk juga ama boneka itu. IMG_9211Seminggu lebih dirumah, mama curiga ada benjolan dipunggung si bayi, setelah diraba dan dibersihkan ternyata bekas lukanya belum sembuh, malah bernanah. Kelihatan kering diluar tapi ternyata didalamnya infeksi. Akhirnya dikeluarkan deh nanah-nya. Bayi pun diberi antibiotik. Cukup lama juga baru benar-benar sembuh.

bayi11Udah bisa belajar grooming sendiri.bayi7 Kupingnya mulai tegak, gak mangkok lagi šŸ˜€ bayi13Hampir 2 minggu di rumah gigi taringpun mulai tumbuh dan mulai nakal.bayi12Kumakan kau kandang..!! Hhaauumm..nyam..nyam..bayi17

Akhirnya mulai bisa makan wet food, walaupun masih berantakan, belepotan kemana-mana. Sekarang mulai diajarin makan ikan atau ayam rebus. Biar makannya banyak musti disuapin ama mama, manja banget.bayi14

Belum punya nama yang pasti loh dia ini hihihihi…Ompapa awalnya mau ngasih nama Ronin, trus berubah jadi Chibi, tapi seringnya mama sama ompapa sih manggilnya Bayi. Ini betina sih, gak ada penampakan kacang ijo-nya kalo kata tante Oing. Hahahaha.. Ada yang mau nyumbang ide nama?

bayi16Ā  Anak ini lagi diare, pupup dimana-mana. Sedang diobatin sih, bantu doa biar cepet sembuh ya omom-tante2 teman meong semuaa..

Let’s Adopt Indonesia Fundraising Event

Ini keren nih…tante-tante aku yang tergabung di Let’s Adopt Indonesia ngadain acara penggalangan dana yang kalo bahasa catlish-nya sih Fundraising event di Tembi Rumah Budaya, Jl. Gandaria I No. 47B, Jakarta Selatan.Ā Acaranya berlangsung sejak tanggal 30 Maret – 03 April 2013, jadi yang di Jakarta dan mau berdonasi bisa langsung datang ke sana.

poster

Di Tembi Rumah Budaya itu LAI mengadakan pameran lukisan anjing-anjing dan kucing-kucingĀ  yang eksis di dunia per-fesbukan. Sudah pasti donk ada lukisan diriku juga…hohoho..Selain anjing dan kucing artis facebook ada juga lukisan hewan lainnya.

preparing preparing1

Lukisan-lukisan keren ini hasil karya tante Wulan (Anastasia Purwono) —> tante, kita belum berteman loh di facebook… Karya tante Wulan ini ditawarkan dan dilelang, penawar tertinggi yang bakal beruntung. Hasil penjualan lukisan sepenuhnya bakal diserahkan buat donasi Let’s Adopt Indonesia.

lukisan1

Contohnya lukisan aku nih, lukisan aku ama 2 teman akuĀ  ( Pacoh dan Kincess ) settingannya 1 set gitu..Tiga lukisan yang bisa dijadikan satu karena background-nya berkaitan. Harga satu set lukisan kami sekitar 1,5 juta rupiah atau bisa dibeli terpisah 500 ribu rupiah/ lukisan. Tapi kalo ada yang nawar lebih dari harga pembuka-nya ya Alhamdulillah yaaa…

guguk meong-guguk

Masih banyak lukisan-lukisan yang bagus banget dari tante Wulan. Sayang mamaku gak bisa aku kirim ke sana buat ngeliat sendiri. Dia nangis gerung-gerung dikamar gak bisa datang ke Jakarta.

dung-dung Lukisan Si Dung-dung ini salah satu lukisan yang udah terjual, dibeli ama tante-tante yang lagi lari pagi disekitaran Tembi. Dilukisan ini Dung-dung tampak lebih langsing…

Malam pembukaan pameran tanggal 30 Maret 2013 kemaren dimeriahkan ama penampilan Belly dance oleh tante Sandra yang cantik, dan lagu-lagu jazz oleh tante Nengah & Nanda. Ada stand makanan Jepang juga..Katanya sih yang datang banyak banget dan seru acaranya. Para fans artis anjing dan kucing berkumpul dari segala penjuru hihihi..eh artis-artis yang jadi modelnya juga ada yang datang. Aku juga nyesel sih gak bisa jumpa fans…

tante-tante

Foto bersama artis

Let’s Adopt Indonesia itu sendiri apaan sih? Ya LAI ini semacam komunitas manusia berhati baik dan gak tegaan ama hewan terutama anjing dan kucing, mereka menyelamatkan, mengobati, memfoster (menampung) dan mencarikan adopter buat anjing/kucing yang mereka rescue. LAI ini dikomandoin ama tante Carolina Fajar.

LAI

Eh tapi mereka gak punya shelter yaaa…bukan penampungan kucing juga. Daya tampung mereka terbatas. Jadi manusia-manusia diluar sana jangan coba-coba hubungin tante-tante ini trus seenak-nya bilang ” Saya punya 30Ā  kucing dirumah, saya mau pindah/saya cuma ngontrak/anak kost/ saya dimarahin tetangga/dan alasan2 lainnya, bisa gak tampung kucing-kucing saya?? Soalnya gak tega mbuangnya…” Gubrak! Pasti bakal diberi omelan panjang edukasi tuh..

lai2lai desrip

Tante Carol bersama teman-temannya membentuk komunitas Let’s Adopt Indonesia sebagai perpanjangan tangan dari Let’s Adopt Global yang ada di berbagai negara. Jadi sistem yang mereka pegang ya standar internasional gitu deh..Mengenai pemilihan calon adopter mereka sangat ketat gak mau asal nyerahin aja. Syarat-syaratnya banyak, soalnya kuatir anjing/kucing yang mereka udah cape-cape selamatkan eh malah ditelantarin lagi ama adopter gak bertanggung jawab.

lai3

madisonlets adopt

Oya kemaren tanggal 30 Maret itu LAI juga ikut serta meramaikan acara “YOUTH ON THE MOVE”,Ā  by MUSTANG 88 FM JAKARTA and Telkomsel, di Tennis Indoor Senayan. Mereka bikin stand yang asik buat membuka hati manusia-manusia muda agar lebih peduli ke hewan-hewan terlantar.

LAI4 LAI team

Mmmm…Banyak fans yang tanya kenapa lukisanku cuma tampak belakang alias p*nt*t doank gak kayak lainnya yang tampak samping atau bahkan close up..? Hahahaha…ya itu karena dibandingkan model yang lain aku punya bagian belakang ciptaan Tuhan yang paling seksi..Dari belakang aja udah keliatan kalo itu aku. Keren kan? Lagian kalo dilukis tampak depan itu sudah biasaa…#jilat2 p*ntat , eh keceplosan!

chubie paint chubie6

Foto2nya ( kecuali yang terakhir) diambil secara paksa dari tante Lya yang cantik , tante Sandy mama-nya Dung-Dung , tante April, tante Tamy dan Kata kucing . Makasih ya semuanyaaa.. Sukses buat tante Wulan, dan tante Carol cs !

BANTU TEMAN-TEMAN AKU di KWPLH Balikpapan

Berita sedih datang dari teman-teman beruang aku di Kawasan Wisata Pendididikan Lingkungan Hidup Balikpapan. Pemerintah kota Balikpapan sudah gak mau memberi bantuan dana untuk kelanjutan operasional mereka. Karena apa?? Karena dianggap kurang menguntungkan katanya…hhhhhrrrgghh…*cakar2 muka para manusia matre itu*

Teman-teman beruang disana dikatakan akan dikembalikan ke alam bebas. Padahal mereka sudah hidup aman tentram loh di enclosure itu..kalau dialam bebas apa pemerintah itu bisa menjamin mereka gak ditangkap kembali oleh manusia-manusia jahat? Aku berani taruhan deh, atas nama buntutku yang keren…beruang-beruang madu yang malang itu pasti gak bakal berumur panjang kalau dialam bebas. Alam bebas yang mana pula? Sedangkan pemerintah rajin banget memberikan ijin pembukaan hutan dengan segala macam alasan. Pertambangan, perkebunan, perumahan, tol dan segala macamnya. Alam bebas mana yang perintah Balikpapan itu maksudkan? Lagipula beruang madu yang ada di KWPLH itu kan benernya adalah beruang madu hasil sitaan dari para pejabat dan orang berduit yang sok pintar sok kaya yang mau memelihara binatang eksotis demi gengsi tapi gak tau cara merawat mereka dengan baik. Jadi waktu mereka kecil udah dibeli entah dari siapa (yang jelas hatinya jahat), trus pas udah besar, orang-orang kaya itu kelimpungan gak sanggup merawat, jadinya beruang-beruang itu malah dikerangkeng di kandang sempit kayak tahanan. Nah, pihak KWPLH yang membebaskan dan merawat mereka, merehabilitasi para beruang agar kembali ke sifat liar mereka yang sempat termutilasi.

beruang madu

Sekarang niat baik mereka mau dihancurkan hanya karena dianggap gak menguntungkan? OMAICAT…sementara manusia-manusia berhati baik dari negara luar mau membantu selama ini, tapi pemerintah daerahnya sendiri gak mau melestarikan lingkungannya. Maunya apa sih??

Yang bikin aku sedih ya karena disana kan juga ada shelter buat teman-teman kucing yang gak beruntung. Lagi-lagi shelter itu juga diprakarsai oleh tante-tante bule,kalo gak salah namanya Gaby. Kenapa sih harus orang asing yang lebih peduli ke lingkungan kita? Kalau KWPLH ditutup, beruang dikembalikan ke alam, trus ratusan kucing itu harus kemana? Fyi, selama ini ratusan kucing itu sudah gak mendapat bantuan dari pemerintah. Mereka bertahan hanya dari donasi-donasi manusia yang rela berbagi dengan mereka, dan sebagian dana dari pendapatan tiket masuk ke KWPLH. Beruang madu yang langka aja gak mau diurusin ama pemerintah, apalagi cuma kucing. *lempar pup ke muka orang serakah*

Apa yang bisa kita lakukan?

Aku mengajak omom, tante-tante manusia dan teman-teman kucing untuk bergabung dengan KWPLH dalam upayanya meminta Pemerintah Kota BalikpapanĀ  membatalkan KEPUTUSAN JAHAT DAN RENCANA YANG AMAT SANGAT BURUK untuk menutup KWPLH Balikpapan dengan beberapa cara :

MENULIS SURAT KEPADA PEMKOT BALIKPAPAN

dan

BERGABUNG MENANDATANGANI PETISI KWPLH

…satu suara kita sangatlah berharga buat mereka…

bisa juga sih dengan mengirimkan pup trus dipaketin ke pemkot dengan pesan jangan tutup KWPLH.. #eh..

Kitty Prikitisimilikitiw

Hal yang paling nggak menyenangkan buat manusia yang sudah dikenal dikampung sebagai pemilik kucing yang banyak ( bisa dibaca penyayang kucing -Nchub), adalah makin seringnya manusia-manusia lain yang berpikiran kreatif-tapi-sempit-dan-gak-banget untuk melemparkan tanggung jawab berbentuk binatang berbulu kecil ke lingkungan rumah si manusia penyayang kucing tersebut.

Suatu hari sepulang kerja, mama lagi-lagi mendengar tangisan lirih anak kucing di halaman samping rumah, dilihat sepintas gak ada makhluknya. Semacam ada suara tapi tak ada gambar kalo kata perawat yang dari negeri tetangga. Gak lama suaranya berhenti. Jadi mama gak melanjutkan mencari. Jadwal bersih-bersih rumah sore hari gak bisa diganggu gugat jadi suara anak kucing diabaikan dulu. Nanti kalo masih ada disitu pasti kedengaran lagi.

Malamnya, mama dikagetin ama suaraĀ  kecil melengking bercampur suara kucing yang agak besar juga sama-sama melengking. Ada kucing berkelahi diluar, pas dilihat, ternyata si Yuka dengan bulu-bulu tegak berdiri sedang menghadapi sesuatu yang gak keliatan di dalam rimbunan daun pohon asoka disamping rumah. Mama datang mendekat, suara kecil mengancam tambah jelas berasal dari ribunan gelap dedaunan. Ini pasti si kucing kecil yang tadi sore menangis.

Mama masuk kembali ke dalam rumah dan mengambil ikan kukus untuk memancing si kucing kecil keluar dari persembunyiannya. Berhasil sih…tapi si kucing yang berbulu belang tiga dengan buntut sepanjang kelingking sangat gesit jadi susah sekali ditangkap. Hampir setengah jam kejar-kejaran, petak umpetan ama si kecil itu. Anak-anak kaki empat mama yang penasaran juga takut karena di hissing si kecil. Yaelah…pada gede badan doank tuh..

Akhirnya dengan kekuatan bulan dan bantuan sepiring ikan kukus si kucing kecil mulai mendekat dan dipancing masuk ke rumah. Jadi berhasil ditangkap dan dimasukkan kandang. Tapi ya ampuuun..itu ribut banget mengeong gak berhenti. Nangis-nangis gak jelas sampai pagi, berhenti sebentar trus nangis lagi. Tipikal anak kucing banget deh..

kitty

Dikasih dot susu, eh langsung digigit putus ujungnya. Rusaklah itu dot susu kesayangan Chimong dan Ponyo hahahaha…akhirnya dipipet-in aja, dipaksa minum biar kenyang, biar ngantuk, biar tidur, biar berhenti mengeong.

Semalaman mama+ompapa gak bisa tidur nyenyak karena keributan kucing kecil. Anak-anak yang lain juga ikut terganggu, waspada karena ada kucing asing didalam rumah.

kitty1

Beberapa hari seperti itu, dan seperti biasanya hari-hari perploncoan dan di pakpok sana sini oleh semua penghuni lama dialami oleh Kitty. Sekarang Kitty bersama Ponyo dan Chimong selalu bersama dalam berbuat kekacauan. Kitty juga paling vocal dalam menyuarakan keinginan minum susu.

kitty2

kitty4

Bersama Tuppy

kitty3

Dipeluk kakak Luna (setelah 2 bulan lebih dirumah)

Karena jadi yang paling kecil diantara pasukan berkaki 4, kitty disayangi semua kucing dirumah. Bersama genk pengacau, dia selalu jadi tersangka utama perusak gorden jendela.

kitty4

Sehat ceria selalu ya Kitty…

Florence, the first met..

Aku mau cerita soal Florence.

Florence ini stray yang menemukan mama sewaktu pindahan ke rumah baru. Terlihat kurus dan kotor, hanya memperhatikan mama dari halaman rumah sebelah. Mamaku coba panggil dan dia datang walaupun agak ragu, tapi gak berani terlalu dekat. Kondisinya sangat menyedihkan. Bulunya medium, blasteran kucing bule berwarna kuning polos. Kedua telinga dan hidungnya penuh koreng dan kemerahan. Meski kondisi buruk rupa, tapi sebenarnya dia kucing betina yang cantik. Entah kenapa gak ada yang mau pelihara dia. Biasanya kucing blasteran kan banyak yang suka.

florence first metPenampakan Florence waktu pertemuan pertama

florence

Karena terbiasa liar, dia susah sekali dipegang, mungkin masih belum sepenuhnya percaya ama manusia dan susah sekali difoto tampak depan hahahaha..

telinga olenTelinga, hidung, penuh luka berkeropeng dan kemerahan. Kira-kira sakit apa ya?

OlenDitangkap ompapa, foto telinga buat konsultasi ke tante vet.

Mama dan ompapa memberinya nama Florence karena cantik seperti bunga..kamboja #eh..! Mereka berdua jatuh cinta pada pandangan pertama ama Florence. Maklumlah belum pernah punya kucing blasteran. Sebenarnya Florence punya teman satu lagi, namanya Flora, tapi Flora pergi entah kemana setelah beberapa hari mondar-mandir dirumah minta makan. Cuma Florence yang memutuskan menetap dirumah. Itupun prosesnya lama karena awalnya dia gak mau diajak masuk, jadi hanya diluar rumah, tidur di bawah kursi atau dimanapun yang dia suka. Kalau dipaksa masuk dia akan berontak dan memaksa minta keluar.

Lukanya juga susah sekali diobati, karena Florence gak suka dipegang, sulit mengoleskan obat ke telinga apalagi ke hidungnya. Lukanya juga sering berdarah karena di garuk. Pengobatan jadi gak maksimal. Apalagi disini sulit menemukan dokter hewan. Florence diobati semampunya walau kadang mama berkonsultasi juga dengan tante dokter yang nun jauh dikota besar sana.

olen kurus

Makan lahap, kelaparan.

Kondisi Florence sekarang gimanaaaa..??? Lain kali aku ceritakan lagi..huihihihi..judulnya aja cuma first met alias pertemuan pertama. Kalau cerita pertemuan selanjutnya ya udah gak sesuai judul donk.. Oya sempat beredar gosip dikalangan perkucingan kalo aku naksir Olen. Itu sama sekali tidak benar. Sekian.