Yogya

Ikut JALAN-JALAN #Yogya

Huwaww…akhirnya aku udah siyap cerita soal jalan-jalan ama mamaku bulan April kemaren. Mama udah aku suruh milihin foto-foto buat dipajang, dia emang rada males-malesan soal cerita liburan ini. Maklum deh setelah kepergian Olen dan dia merasa bersalah banget  udah ninggalin anak-anak buat berlibur, mamaku gak punya semangat bercerita dan berlibur lagi. Errrr…tapi kok aku liat di laptopnya dia mulai nyari-nyari paket liburan lagi??

Judulnya diatas Ikut Jalan-Jalan yaaa..bukan aku beneran sih yang ikut, tapi aku mengutus replika aku. Jadi lebih gampang dibawa kemana-mana. Bisa masuk koper, di penyet diransel,dan segala tindakan tidak hewani lainnya hahaha..Lagian kan mama bakal ribet banget kalo aku beneran yang ikut. Ngurus karantina, makan, pup, dll..Aku kan belum vaksin yah..nanti kalo terjangkit penyakit dijalan bijimana? Karantina hewan dibandara juga  gak bakal ngijinin hewan (kucing) yang dari daerah belum bebas rabies dibawa masuk ke daerah katagori bebas rabies. Liat disini deh peraturannya.

Liburan kali ini rutenya agak panjang. Tujuan utama sih Karimun Jawa, tapi mama bakal singgah di Yogyakarta sekitar 2 hari, trus pulang lewat Semarang.

Aku mulai perjalanan dengan memasukkan replika ke ransel mama, trus ikut deh terbang dari Sangatta menuju Balikpapan. Melewati banyak tambang batu bara dan hutan yang udah mulai dibabat dimana-mana. Ihiks..jadi sedih..

masjid Masjid Agung Sangatta yang baru dibangun tampak dari atas.

tambang

Tambang baru bara, danau-danau yang hijau toska itu adalah bekas-bekas penambangannya. Banyak sekali pemandangan macam ini di Kalimantan Timur. Udah overload sih katanya saking banyaknya tambang disini. Tambah rusak hutannya 😦

Di Balikpapan mama + ompapa menginap semalam trus besok paginya berangkat ke Yogya. Nyampe Yogya langsung ke hotel yang udah dibooking seminggu sebelumnya. Berhubung kepagian (baru boleh check in jam 2 aja katanyaah..) jadi barang-barang dititipin trus mama ke mall. Balik jam 1 siang, eh ternyata oh ternyata resepsionis kasak-kusuk sendiri..trus mama dipanggil daaan mereka bilang kalo kamarnya rusak gak bisa dibenerin dalam waktu singkat jadi mama di oper ke hotel lain yang setaraf ama mereka, di alihkan ke hotel deket mall Ambarukmo. Mama yang harusnya nginap di hotel Dafam Merapi Merbabu malah nginep di hotel Victoria Yogyakarta .

Tapi yah untungnya pelayanan dari Dafam bikin mama asik-asik aja, karena emang kesalahan dari mereka jadinya ya gak ada tambahan biaya lagi soal transferan hotel ini. Malahan aku dapat kue aja gituh hihihi..sebagai permohonan maaf katanya. Eh kucing kan gak boleh makan coklat, ntar keracunaaan trus menceleettt…mama ama ompapa deh yang makan. Hotel Victoria juga lumayan bagus sih…deket kalo kemana-mana, tetanggaan ama Mall en Hotel Royal Ambarukmo. Cuman makanan paginya aja kata mama yang kurang bervariasi. Tapi so far so good lah..toh cuma buat istirahat.

kue dafam

Di Yogya ngapain aja?

Sebenernya di Jogya pengen istirahat aja kata mama, no JJGL (jalan-jalan gak jelas) di Malioboro hihihi…Ada rencana sih ketemuan ama para tante fans aku di dunia maya. Kebetulan mereka lagi di jalan-jalan di Jogya juga. Tante-tante itu nyamperin ke hotel malam-malam, aku gak  ikut turun dan nyuruh mama aja yang nemuin tante-tante hebring itu. Bahaya kalo aku ikut, bisa diculiikk brooo..tante-tante itu suka kalap soalnya.

gatheringIni hasil foto anaknya tante Nita hihihii…

Besok harinya mama sowan ke rumah mbah-nya mama di Sleman. Terakhir kesana waktu mama SMA bhoakakaka….lama bangets. Ampe lupa jalannya, pake nyasar dll..untungnya sih nyampe. Mama terpana banget liat jalan-jalan di desa itu sedemikian sempitnya. Udah gitu kiri kanan tembok batu. Mobil papasan ama motor aja bingung deh mau gimana, gak kebayang kalo yang berhadapan mobil ama mobil, masa mau mundur sampai nemu tanah agak lapang?

menthok

kolam ikanKolam ikan ama menthok-nya masih adaa…

Dijalan pulang dari rumah mbah, mama+ompapa singgah bentar di Rumah Makan Je Jamuran buat take away makan siang. Gak lama sih disana, kan cuma mbungkus hihihi..Padahal tempatnya enak sejuk, harga makanannnya murah-murah, dan kebetulan masih sepi. Biasanya ramee banget. Oya, disini semua makanan terbuat dari jamur. Sesuai ama nama resto-nya. Jamurnya juga macam-macam. Cocok kayaknya buat manusia yang vegetarian. Rasanya juga enaak…kayak daging hihihi..Mama+ompapa pesen segambreng habisnya cuma 60ribuan.

jejamuran1Jejamuran yang dijadiin bahan baku masakan di resto.

jamur1Nampang diantara jamur.

jejamuran

Chubie has been here..Wes tekan je Jamuran rek *ecieeeeh..

Ke Yogya Cat Show. Kok ya pas banget waktu itu ada Cat Show hahahaha..kami kesana deh..mama tuh terus terang gak pernah ke acara beginian, maklumlah tinggal di hutan. Norak deh dia..Terpana dengan banyaknya kucing-kucing cantik berbulu panjang. Selama ini dia liatnya kucing-kucing bulu pendek aja. Jarang liat yang terawat baik dan berharga mahal. Kemaren itu puluhan kucing berlomba cantik-cantikan, sehat-sehatan.

cat show cat show1

Didalam kandang merah ini ada kucing putih cantik yang banyak dapat rosette *colek-colek

cat show3Tak lupa ompapa belanja buat keperluan anak-anak dirumah. Hihihihi..

Agenda utama ke Cat Show ini sebenarnya adalaaah…Ketemuan ama tante ECHI..!!

tante echi

Tante Echi ini juga teman aku di facebook. Dia kreatif banget, pinter menjahit dan sayang kucing. Jadi dia jualan deh tuh yang namanya pernak pernik baju kucing, kasur kucing, tas kucing , dll..

IMG_2489

Beberapa contoh handmade-nya tante Echi

IMG_2492

IMG_2494

Beli semuaaaah..!!! >:D

Kemaren tante Echi emang gak buka lapak waktu pameran, soalnya anaknya mau ikut show juga ama kucingnya si Mey Shy. Jadi baju-baju yang dibawa dikit doank buat contoh..

messy and meKostum yang dipake si Mey Shy ini juga hasil bikinan tante Echi.

Mey Shy ini dulu jamuran parah karena gak dirawat dengan baik ama pemiliknya terdahulu, ama tante Echi trus diselamatkan deh, ditebus dan dirawat akhirnya penyakit kulitnya sembuh, kembali cantik seperti seharusnya. Termasuk kucing hasil rescue nih..hihihi..

Yang mau liat-liat jualan tante Echi lebih lengkap bisa berkunjung di facebook-nya Meykin Catlovers New

Kemudian mama penasaran ama yang namanya House of Raminten.raminten

Kesanalah buat makan sore-sore. Melepas lelah habis keliling mall Malioboro nyari sendal buat ke pantai (Loh?! Katanya gak mau ke Malioboro? kikikiik..). Masuk ke Raminten langsung dapat tempat duduk, bisa milih lagi. Menurut legenda sih katanya kadang perlu antri gitu buat duduk. Tapi emang rejeki, datang disaat yang tepat pas gak terlalu rame.  Suasananya khas banget, jawa banget. Hidung aku mencium bau aneh. Bau apa yah, semacam kemenyan atau dupa gitu..Wangi banget menusuk hidung. Aku yang kucing gak suka baunya. Serasa ada di mbah dukun. Omom-tante yang ngelayani pake seragam lucu, yang cewek pake kemben yang cowok pake jarit. Trus ada yang bawa handytalkie juga ama kantong duit bhoakakaka…semacam kasir berjalan.

Tapi ya ampuuun…nyaris sejam nunggu setelah pesen gak ada tanda-tanda makanan datang -_- . Mama udah kelaperan. Apalagi liat tamu yang datang setelah kami udah makan aja gitu dengan enaknya. Mana ini pesenannyaa…Owmungkin karena rame..baiklah mari panggil om sabar. Tapi lama-lama om sabar mulai pergi ada urusan lain. Mama berdiri deh tuh (eh kan tadi duduknya lesehan), nyari pelayannya, trus tanya ini pesenan mana yaa? Dijawab “Oya bentar yaa..”. Akhirnya 15 menit kemudian (tamu di meja sebelah yg baru datang udah habis aja makanannya) baru datang deh makanannya….trus disertai penjelasan dan maaf karena nota pesenan terselip entah dimana. Hiyaaaaa….Jadi kalo gak nanya tadi kemungkinan besar bisa sampe tua donk mama+ompapa duduk disana. *Garuk-garuk pake kaki belakang*

Makanannya sih biasa aja rasanya. Mungkin karena udah ilfil kelamaan nunggu…hihihihi…murah sih iya. Lagian mama juga gak pesen yang heboh-heboh kayak yang ada tertulis di menu. Ompapa pesen es kelapa yg ternyata datang di dalam gelas segede bowl akuarium hahaha… Tapi gak difoto ama mama. Bawaannya udah cape, pengen cepet habisin makan, balik hotel, tidur. Malamnya mau lanjutin perjalanan ke Jepara kaan…

dan kemudian mama syok waktu menemukan foto ini pas menggugel Budhe Raminten

Foto diambil dari sini. *Makasih om-tante..

Aku pun meowing out LOUD..MIIAAAWWWWW…!!