Potong..Tumpuk..Isi..Tutup.

Aku tinggal dihutan udah banyak yang tau donk.. Nah dihutan mana ada deh petshop yang menjual semua kebutuhan perkucingan. Jadi bisa dipastikan akan sangat sulit buat menemukan yang namanya pasir buat litter. Mama pernah sih rajin beli cat sand itu dikota tetangga yang jaraknya pulang pergi 4 jam sendiri. Cuman seringnya gak ada waktu dan gak ada yang anterin kalo ke sana. Lagian setelah dihitung-hitung kok lumayan juga yah 50rb buat 3 harian. Secara anak mama kan banyak, gak mungkin banget cukup satu bungkus yang ukuran 5 kilo buat seminggu.

Lagian pasir itu menurut mama :

Agak bau juga lama-lama (walopun udah pake yang katanya beraroma lemon ato pinus hihihi…sehari dua hari udah berubah aromanya jadi..ehem..)

– Pasirnya suka berhamburan kemana-mana kalo pasukan itu heboh keluar masuk litter box, jadi harus sering-sering disapu, kalo kena air jadi lengket di lantai (sama dengan bikin kerjaan baru).

– Harus sering-sering panen paling gak dua kali sehari, masker+sarung tangan, nyuci sekopnya…(agak ribets).

– Cat sand baru yang utuh kadang bungkusnya suka dirobek digigitin ama anak-anak…howaaaa…..

– Mahal. Titik. Soalnya kalo diturutin dalam seminggu bisa habis 5 x 5 bungkus yang 5 kiloan..disini yang 5 kilo bisa 50rb-an lebih. *lempar kalkulator

Kenapa mama gak pake pasir yang bisa dicuci…? Mmm..mamaku itu agak2 pemalas sih kalo soal cuci mencuci. Apalagi mencuci pasir buat eok. Gak telatenan.

Pernah juga dicoba make serutan kayu ala hamster. Karena lebih murah dibanding pasir. Tapi cuma efektif waktu anak-anak itu kecil, pas udah segajah-gajah gini ya ampyuun…sama aja bohong, karena serutan itu cepet banget basahnya dan sama-sama berantakan. Serpihan serutan itu bertebaran kemana-mana.

Oya, mamaku belum pernah juga nyoba litter yang berbentuk butiran gel..soalnya disini gak ada.

Untungnya disini hutan…jadi aku terbiasa  menyuburkan tanah dengan membagi sisa makanan aku di hutan belakang. Gak perlu yang namanya litter box. Aku emang gak merepotkan dan keluar banyak biaya. Yang merepotkan adalah anak-anak dirumah yang harus selalu disiapin litter box di dalam rumah.

Atas saran seorang tante Erna yang baik hati dan juga punya banyak pasukan kaki empat seukuran bantal, mama mencoba menggunakan koran buat pengganti pasir litter-nya.

Caranya seperti ini :

koran1

Koran bekas digunting kecil-kecil sesuai selera. Kalo mama sih motongnya suka memanjang pendek-pendek. Ini biasanya dikerjakan saat santai sambil nonton tipi plus sambil ngobrol ama ompapa, sambil bbm-an ama temannya dan sambil nyuci baju. Jadi dalam sekali waktu mama bisa mengerjakan beberapa kegiatan sekaligus. Hemat waktu. Oya, seringkali ompapa juga membantu dalam potong-memotong koran ini.

Koran bisa didapat dengan membeli dengan harga yang murah, atau bisa dengan meminta-minta tetangga seperti yang mama lakukan selama ini. Bhoakakaka…Setiap ada bos yang datang ke klinik, mama dengan manis bertanya apakah dirumah mereka punya banyak koran bekas? Boleh saya minta? Kikikikiikkk…dan para bos itu dengan senang hati membuang sampahnya eh korannya ke rumah mama. GERATISS…!! No more 50 rebo for cat litter sand..

koran2

Gambar hasil potongannya. Biasanya juga ada anak-anak yang ikut membantu mengacak-acak hasil jerih payah ini. Tapi kali ini si Husky memutuskan untuk tidur saja. Can you find her..?

koran3

Bhaaaa…..!!

koran

Gunting koran yang agak banyak buat persediaan.

Bagaimana menggunakannya?

koran4

Siapkan litter box yang bersih. Noda-noda lama itu harap diabaikan ..kata mama udah lengket gak mao ilang itu..

koran5Ambil 2 lembar koran sebagai alasnya. Lebih tebal lebih baik, tapi atas nama penghematan koran, jadi 2 lembar sudah cukup. Kalo cuma selembar terlalu tipis dan akan cepat basah.

meong  meong1

Yang gak sabaran langsung lompat masuk dan menjadikan litter box jadi tempat bersantai atau ajang pertarungan.

koran6

koran

Masukkan guntingan koran ke dalam litter box secukupnya.

koran7

Biasanya box litter yang baru diganti akan langsung menjalani fit and proper test.

koran8

Dan langsung digunakan -_-‘ karena yang baru selalu segar dan menyenangkan bukan?

koran9

Kadang semua litter box yang baru akan diuji coba kelayakannya.

Koran gak menimbulkan bau yang terlalu menyengat, kecuali kalo isinya udah banyak. Mama menggantinya sehari dua kali. Lebih cepat prosesnya dibanding ngumpulin eok dari pasir, koran yang sudah kotor langsung dikumpulin trus box-nya dicuci ganti yang bersih, disini guna alas yang tebal terlihat, kalo tebal pasti ada bagian yang masih kering jadi gampang dilipat dan gak langsung bersentuhan dengan bekas pee atau poo. Koran kotor bisa langsung dibakar, atau dimasukan ke plastik dan dibuang ke tempat sampah. Kalo mama  suka membakarnya setiap 2 hari sekali.

Sekian tips dari aku..Selamat makaaaaan….!!

13 comments

  1. mama aku juga dapatnide dari tante mama chubie soal litter box itu. mungkin gak nyadar ya. tapi salah satu status di pesbuk menyiratkan hal itu. sayangnyaaaaaa……mama aku malas tuh gunting2 koran. jadi langkah yg dikutinya cuma langkah 1. melapisi litterbox dengan koran. kenapa gak pake pasir wangi? krn uang pasirnya dibeliin ikan buatku. lagian di pontianak cuma 1 petshop yang menjual pasir dengan harga miring dan sering kehabisan stock.

  2. Ngapain juga ngebantuin mama? lha wong dulunya aku milih mama karena kalo dilihat dari mukanya dia gampang disuruh2.

  3. Harusnya aku yang ngasih nomor rekeniing…..
    Kamu kan kayaaa….
    kayanya bersaing sama Pacooh…..
    😛

  4. Terimakasih banget sis. Bermanfaat aku suka banget. Nanti aku coba ya. Memang benar2 memakan uang ya littre box.

  5. Halo, terima kasih infonya kucing ganteng.. Gimana rasanya pup pakai guntingan koran? Bulan depan dirumahku mau kedatangan anak kucing, adopsi dari temanku, jadi keidean juga pakai guntingan koran

    1. Haloo..katanya sih geli-geli gimana gitu ya dipantat hahaha. Cuman sekarang masalahnya koran agak susah didapat karena udah jamannya internet. Selamat punya anak kucing mama Jagur. Semoga Sehat semua.

Tinggalkan komentar